Info update
Loading...
Senin, 05 Oktober 2015

Puskesmas Bontonompo 2 Butuh Dokter Umum Dan Ruangan Rawat Inap


.
 
Gowa-MIH, Kepala Puskesmas Bontonompo 2, Abd Latif SKM saat ini akan terus melakukan kiat-kiatnya dalam meningkatkan layanannya kepada masyarakat. Sekalipun demikian ada banyak hal yang harus dibenahi di Puskesmas ini, setidaknya karena masih dibutuhkannya 1 tenaga dokter umum lagi. Selain itu jumlah ruangan inap yang masih minim pasilitasnya terutama ruangan dan tempat tidur pasien. Belum lagi pasilitas kendaraan berupa mobil Ambulans. Kendaraan ini sangat penting mengingat Puskesmas Bontonompo 2 ini terbilang besar dalam kapasitas pelayanannya kepada pasien selama ini. Bisa dibayangkan kalau jumlah pasien dalam sehari-harinya menghandel orang sakit mencapai ratusan orang, ujar Abd Latif SKM.
.
Untuk itu, pihaknya sangat berharap bahwa perhatian Pemda Gowa demi rakyatnya agar terus mendapatkan pelayanan prima khususnya kesehatan masyarakat lebih terjamin. Apalagi saat ini, kata Abd Latif, sejumlah agendanya sudah terjadwal untuk dilaksanakan. Antara lain dengan meluncurkan layanan usaha kesehatan Kerja (Pos UKK ), program ini dilakukan karena dianggap sangat penting untuk masyatakat, dimana tim dari Puskesmas langsung terjun ke kampung-kampung. Sebenarnya
program UKK ini adalah prodak lama, namun harus dibangkitkan kembali. Kali ini hanya utk mempertajam saja, sekaligus memperbaharui dengan tujuan menyentuh langsung masyarakat.
       Program ini bisa mempercepat pelayanan karena tujuan utamanya menemui masyarakat dengan memberikan penyuluhan kesehatan. Sehingga masyarakat terbantu, tanpa mendatangi Puskesmas. Intinya Tim UKK yang mendatangi masyarakat secara langsung dipimpin kepala Puskesmas, tentu saja bersama dokter dan perawat. Tim ini bekerja dengan agenda yang sangat jelas dengan tujuan masyarakat merasa muda untuk mendapatkan layanan   kesehatan lingkungan, ujar Kepala Puskesmas Bontonompo 2
     Lebih jauh dikatakan bahwa di Bontonompo 2 akan dibentuk satu kelompok disetiap desa. Sekalipun  diakuinya bahwa di Puskesmas ini, hanya 2 dokter umumnya, sehingga masih kekurangan tenaga dokter kalau dibandingkan dengan jumlah pasien yang mencapai ratusan orang perhari. Idealnya 3 orang dokter umum, sehingga butuh tambahan satu lagi dokter umum. Hal ini sangat penting karena jumlah pasien yang datang berobat setiap harinya membludak. Sehingga wajar kalau ada keluhan masyarakat, khususnya pasien yang menunggu lama baru dapat pelayanan dokter. Selain itu ruangan rawat Inap yang sangat terbatas termasuk tempat tidur perlu mendapat perhatian pemerintah.
     Banyak pasien kadang dirujuk ke rumah sakit, pada hal masih bisa ditangani di puskesmas. Hanya karena ruangan yg terbatas, dan tempat tidur yang memang tidak memadai. Hal ini dikatakan kepala Puskesmas Bontonompo 2 Abd Latif SKM saat disinggung perihal kapasitas Puskesmas yang dipimpinnya itu. Apalagi dengan program Pemkab Gowa dengan kesehatan gratisnya, perlu mendapatkan perhatian dengan cara layanan prima terhadap rakyat. Kesadaran semua pihak terutama mayarakat rupanya sangat besar, sehingga ketika sakit apa saja, mereka datang berobat ke Puskesmas. Itulah sebabnya semua puskesmas hampir kewalahan menerima orang datang berobat, pungkas Latif.
    Selain itu, yang tidak kalah pengtingnya adalah mobil Ambulans, armada ini begitu penting dalam mengkaper wilayah Bontonompo 2. Termasuk ketika ada pasien yang mendadak mau dirujuk ke rumah Sakit, pastilah kewalahan. Sehingga keberadaan Ambulans sesuatu yang penting dalam kaitan memberikan pelayanan kesehatan gratis secara prima dan menyeluruh. Kita semua harus mensukseskan program pemerintah tentang kesehatan gratis. (Kadir Sijaya)

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top